Penyebab Nyeri Ulu Hati

Diposting pada

Nyeri ulu hati bisa dialami oleh siapa saja, dari mulai anak-anak hingga dewasa. Biasanya penyakit ulu hati ini sering dikaitkan dengan penyakit maag dan juga asam lambung. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai apa saja penyebab nyeri ulu hati.

Orang yang mengalami nyeri ulu hati biasanya akan menjalar rasa sakitnya hingga ke punggung atau ke daerah tubuh lainnya.

Penyebab Nyeri Ulu Hati

Penyebab Nyeri Ulu HatiBerikut beberapa penyebab dari sakit ulu hati:

  • Penyakit hati

Penyebab nyeri ulu hati yang pertama adalah karena penyakit hati atau hepatitis. Ini terjadi karena adanya peradangan pada hati yang bisa juga dirasakan pada ulu hati. Penyebab dari hepatitis ini karena virus.

  • Batu empedu

Penyebab nyeri ulu hati yang kedua ini dikarenakan adanya peradangan pada kandung empedu yang bisa menyebabkan nyeri pada daerah perut sebelah kanan.

  • Peradangan pada pankreas

Radang pada pankreas yang menyebabkan nyeri ulu hati ini ada dua jenis yakni akut dan juga kronis. Radang pankreas akut ditandai dengan nyeri ulu hati parah dan menjalar ke arah belakang. Radang pankreas kronis bisa ditandai dengan nyeri yang ringan pada epigastrium.

  • Diare

Penyakit diare merupakan salah satu penyebab nyeri ulu hati. Terjadinya karena infeksi yang mengakibatkan inflamasi atau peradangan pada usus dan lambung.

  • Kanker lambung

Penyakit kanker lambung selain bisa menyebabkan nyeri di ulu hati, gejala lain yang dialaminya yakni sakit perut serta menurunnya berat badan.

  • GERD

Penyakit ini diakibatkan karena naiknya asam lambung yang bisa menimbulkan sensasi seperti terbakar di belakang tulang dada yang disertai dengan perasaan seperti adanya makanan yang menyangkut di dada dan juga mual.

  • Maag

Penyakit maag yakni adanya peradangan pada lapisan lambung yang bisa menyebabkan menurunnya berat badan, mual serta nyeri di ulu hati.

  • Tukak lambung

Penyebab nyeri ulu hati yang terakhir adalah karena penyakit tukak lambung. Penyakit ini merupakan penyebab umum yang bisa mengakibatkan nyeri di ulu hati. Selain nyeri ulu hati, tukak lambung bisa mengakibatkan perut terasa penuh, muntah darah kehitaman dan juga perut kembung.

Itulah beberapa penyebab nyeri ulu hati. Ketika Anda mengalami nyeri di ulu hati, sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan penanganan yang tepat dan juga aman agar sakitnya tidak bertambah parah dan juga bisa lekas sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *